Jumat, 17 Januari 2014

Isu TSUNAMI di MANADO TIDAK BENAR!

Sangat disayangkan akibat banjir bandang dan cuaca yang tidak menentu di Manado, Sulawesi Utara ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyebarkan Isu bahwa akan ada TSUNAMI pada hari ini (Jumat 17 Januari 2014) . Karena adanya kabar tersebut warga menjadi panik. Ada yang sudah mengungsi karena rumahnya berada di pesisir pantai, ada yang
langsung menutup tokonya (menurut saudara saya, orang-orang yang berada di IT center langsung buru-buru pergi, toko-tokopun ada yang langsung ditutup), orang-orang di kampung saya sudah mengungsi.
Untuk meluruskan masalah tersebut saya telah mencari informasi (selain informasi yang didapat dari radio dan dari Pacific TV). Informasi dari “SINDONEWS.com” (http://daerah.sindonews.com/dari artikel yang ditulis dikatakan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara menyatakan pihaknya tidak mendeteksi adanya tsunami yang akan menghantam pesisir Manado. “Saat ini tidak ada deteksi tsunami di perairan Sulawesi Utara. Kami tidak mengeluarkan informasi itu," tegas Prakirawan Cuaca dan Deteksi Tsunami BMKG Sulawesi Utara Suryadi saat dikonfirmasi, Jumat (17/1/2014).
Meski begitu, dia mengakui telah terjadi gempa di Laut Ternate. "Tapi hanya gempa kecil biasa, dan tidak berpotensi tsunami," ujar Suryadi. "Masyarakat  tidak usah panik. Jangan sampai termakan dengan isu tsunami yang berkembang. Karena isu itu hanya disampaikan oleh oknum yang memanfaatkan situasi dan kondisi Kota Manado yang tengah karut-marut dilanda banjir," tutupnya.
Setelah saya mencari di situs resmi BMKG saya menemukan informasi gempa terkini dilaporkan terjadi kemarin (Kamis 16 Januari 2014). Pusat gempa berada pada : 127 km BaratLaut TERNATE-MALUT , 132 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT , 134 km Tenggara BITUNG-SULUT , 155 km BaratLaut SOFIFI-MALUKUUTR , 2332 km TimurLaut JAKARTA-INDONESIA. TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI



Buat teman-teman diharapkan untuk TIDAK MENYEBARKAN ISU PALSU.  Karena dengan adanya isu tersebut (seperti isu tsunami hari ini) banyak sekali warga yang panik. 
Semoga info ini bisa berguna. Terima Kasih. GodBless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar