Minggu, 22 Desember 2013

Apa ini madu asli?

Madu..
Siapa yang tidak pernah mencicipinya? Saya rasa sebagian besar orang pasti pernah merasakannya. Bahkan tidak jarang ada orang yang mengkonsumsi madu setiap hari untuk mendapatkan hasiat madu yang memang baik untuk kesehatan kita.
          Tetapi hati-hatilah. Karena manfaat dan kegunaannya yang melimpah, banyak “oknum-oknum nakal” yang memanfaatkan “madu” ini untuk meraup untung dengan membuat dan menjual  madu yang “palsu”. Kata “palsu” dalam hal ini bisa berarti madu tersebut sudah tidak murni akibat dicampur dll.  Hal ini tentu saja akan merugikan kita sebagai konsumen.
          Nah, saat ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengetes apakah madu yang kita beli atau kita konsumsi itu asli atau tidak.
1.     Tuangkan madu dalam sendok lalu bakar diatas lilin.
Jika madu tersebut berbuih itu berarti madu tersebut berkualitas baik. Sedangkan jika tidak berbuih berarti madu tersebut “palsu”
2.    Ambil tisue atau bisa juga kertas koran lalu teteskan dengan 1/2 tetes madu.
Jika madu yang diteteskan itu tidak merembes berarti madu tersebut berkualitas baik. Sedangkan jika madu tersebut merembes bahkan menembus tisue/ koran berarti madu tersebut “palsu”
3.    Ambil gelas bening yang telah diisi air mineral dan teteskan madu.
Jika madu yang diteteskan jatuh lurus ke dasar gelas dan air tidak keruh itu berarti madunya berkualitas bagus. Namun jika madu dituang dalam air lalu airnya langsung keruh/keruh dberarti madu tersebut “palsu”.

Sekian info dari saya, mungkin dalam blog-blog lain anda bisa menemukan lebih dari ketiga cara diatas, tetapi saya memang hanya memberikan ketiga cara ini karena memang cara ini mudah dan telah terbukti (telah ditampilkan dalam salah satu acara di stasiun televisi Nasional Indonesia). Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar